perkembangan janin tiap minggu


Selain terdapat berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk menjaga masa – masa kehamilan setiap harinya, mulai dari konsumsi makanan sehat, bergizi serta bernutrisi dan cukup istirahat juga olahraga Ibu hamil. Terdapat beberapa hal yang harus dihindari pada masa kehamilan, di mana hal – hal yang harus dihindari tersebut merupakan sesuatu yang dapat menghambat perkembangan dan tingkat kehidupan janin di dalam rahim. Sebagai seorang wanita yang sedang menantikan kelahiran anak, tentu anda menginginkan perkembangan janin tiap minggu tumbuh dengan baik dan juga sempurna. Untuk itu, sebaiknya hindari hal – hal berikut ini untuk menjaga tumbuh kembang janin secara baik sesuai tahapan usianya.

1. Pada usia minggu – minggu awal masa kehamilan, usahakan untuk tidak bepergian jauh untuk sementara waktu hingga usia kandungan mencukupi dan dokter mengizinkan serta kondisi fisik mendukung. Termasuk bepergian dengan melakukan perjalanan udara, sebaiknya dihindari dulu demi menjaga perkembangan janin dengan baik. hal tersebut harus dihindari karena kecapean atau kelelahan termasuk melakukan perjalanan dalam jarak jauh dapat membuat suplai nutrisi, energi hingga oksigen pada calon bayi terhambat.
2. Hindari sembarang minum obat atau jamu tanpa sepengawasan atau pemberitahuan dari dokter kandungan anda, karena salah dalam konsumsi obat – obatan dapat mengganggu perkembangan janin di dalam rahim.
3. Saat memasuki trimester kedua dan ketiga di minggu ke 14 hingga minggu ke 40, sebaiknya anda tidak memakai pakaian yang ketat dan tidak lentur, karena dapat menghambat serta mengganggu perkembangan janin. Pakaian longgar dan elastis merupakan pilihan tepat dan lebih baik untuk anda kenakan.
4. Untuk masa kehamilan sangat penting menghindari konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gas, karena dapat membuat ketidaknyamanan pada anda yang sedang hamil. Bahkan dalam beberapa kasus dapat menimbulkan akibat yang fatal.
5. Saat memasuki usia kandungan di minggu terakhir sekitar 30 hingga 40 minggu, sebaiknya hindari melakukan olahraga berat dan akan lebih baik jika anda melakukan olahraga ringan seperti jalan santai.

Itulah beberapa hal penting yang harus anda hindari untuk menjaga perkembangan janin tiap minggu tumbuh dan berkembang dengan baik serta maksimal sesuai tahapan usianya.

Advertisement

 
Top