Otak merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, karena otak berfungsi sebagai pusat pengendali organ tubuh lainnya. Otak seringkali dikaitkan dengan tingkat kecerdasan, tak heran banyak sekali orang yang melakukan berbagai cara agar mendapatkan kecerdasan otak yang maksimal. Salah satu cara yang sering dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan adalah dengan senam otak

Selain dapat meningkatkan kecerdasan, senam ini banyak sekali manfaat lainnya seperti melatih fokus, merangsang otak sampai membuat tubuh menjadi relax. Anda bisa melakukannya pada anak anda, karena gerakan ini sangat ringan dan hanya menggunakan tangan serta kaki sehingga anak akan mudah memahaminya. Lalu bagaimana melakukan gerakan tersebut? berikut beberapa gerakan senam untuk otak yang bisa anda praktekan pada anak anda di rumah.

Gerakan Huruf V dan Pistol

Gerakan senam otak yang pertama adalah dengan menggunakan tangan kanan dan kiri. Caranya anda bisa mengarahkan tangan kanan si kecil dengan telapak tangan menghadap ke depan, gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk membentuk huruf V. Untuk tangan kiri, gunakan jari jempol dan juga jari telunjuk untuk membentuk sebuah pistol dengan telapak tangan menghadap ke belakang. Lakukanlah gerakan sebaliknya, tangan kanan membentuk sebuah pistol dan tangan kiri membentuk huruf V. Lakukanlah gerakan tersebut secara bergantian dan berulang-ulang sampai si kecil lancar melakukannya.

Gerakan Jempol dan Kelingking

Gerakan senam otak yang kedua masih menggunakan tangan, namun kali ini dengan menggunakan jari jempol dan juga kelingking. Langkah pertama adalah arahkan si kecil untuk memegang tangan kanan menggunakan tangan kiri, pada tangan kanan buka kepalan pada bagian jempol dan jari lainnya masih dalam posisi mengepal. Pada tangan kiri buka kepalan jari kelingking dan jari lainnya tetap dalam mengepal. Lakukan gerakan sebaliknya yaitu, pegang tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan. Pada tangan kiri, buka kepalan jempol dan jari lainnya masih tetap mengepal. Sedangkan Pada tangan kanan buka kepalan buka kepalan bagian jari kelingking dan jari lainnya masih dalam posisi mengepal. Lakukanlah gerakan tersebut secara bergantian dan juga berulang-ulang sampai si kecil bisa melakukannya.

Itulah beberapa gerakan senam untuk otak anak anda, apabila dilakukan secara rutin bukan tidak mungkin kecerdasan anak anda akan semakin meningkat. Selamat mencoba!

Advertisement

 
Top